Pendidikan
Contoh Soal UAS Kelas 5 Tema 4: Sehat Itu Penting Kurikulum 2013

Contoh Soal UAS Kelas 5 Tema 4: Sehat Itu Penting Kurikulum 2013

Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan momen penting bagi siswa kelas 5 untuk menguji pemahaman mereka terhadap materi yang telah dipelajari selama satu semester. Tema 4, "Sehat Itu Penting," dalam Kurikulum 2013, mengajarkan siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan, memahami sistem peredaran darah manusia, serta mengenal berbagai macam penyakit yang dapat menyerang kesehatan.

Artikel ini akan menyajikan contoh soal UAS kelas 5 Tema 4 Kurikulum 2013 yang mencakup berbagai aspek materi, mulai dari pengetahuan faktual, pemahaman konsep, hingga aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Soal-soal ini dirancang untuk menguji kemampuan siswa secara komprehensif dan membantu mereka mempersiapkan diri menghadapi UAS dengan lebih baik.

I. Pilihan Ganda

    Contoh Soal UAS Kelas 5 Tema 4: Sehat Itu Penting Kurikulum 2013

  1. Organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh adalah…
    a. Paru-paru
    b. Jantung
    c. Ginjal
    d. Hati

  2. Pembuluh darah yang membawa darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung adalah…
    a. Arteri
    b. Vena
    c. Kapiler
    d. Aorta

  3. Berikut ini yang bukan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan organ peredaran darah adalah…
    a. Pola makan yang sehat
    b. Olahraga teratur
    c. Merokok
    d. Membaca buku

  4. Penyakit yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah karena penumpukan lemak disebut…
    a. Anemia
    b. Hipertensi
    c. Aterosklerosis
    d. Leukemia

  5. Cara menjaga kesehatan organ peredaran darah yang paling tepat adalah…
    a. Tidur sepanjang hari
    b. Makan makanan cepat saji setiap hari
    c. Berolahraga secara teratur dan makan makanan bergizi
    d. Merokok agar terlihat keren

  6. Pantun yang memiliki empat baris dalam setiap bait disebut pantun…
    a. Kilat
    b. Karmina
    c. Talibun
    d. Nasihat

  7. Berikut ini adalah contoh pantun nasihat:
    a. Jalan-jalan ke kota Medan,
    Beli kain songket berwarna merah.
    b. Buah manggis buah durian,
    Enak dimakan di siang hari.
    c. Rajin belajar sepanjang hayat,
    Bekal hidup di masa depan.
    d. Sungai Musi airnya tenang,
    Tempat bermain anak nelayan.

  8. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi disebut…
    a. Hipotensi
    b. Hipertensi
    c. Anemia
    d. Leukemia

  9. Contoh interaksi manusia dengan lingkungan yang positif adalah…
    a. Membuang sampah ke sungai
    b. Menanam pohon di lingkungan rumah
    c. Menebang hutan secara liar
    d. Mencemari udara dengan asap pabrik

  10. Pekerjaan yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat adalah…
    a. Dokter
    b. Guru
    c. Polisi
    d. Petani

  11. Salah satu cara menghargai perbedaan karakteristik individu di lingkungan sekitar adalah…
    a. Mengejek teman yang berbeda
    b. Berkelahi dengan teman yang berbeda pendapat
    c. Menghormati pendapat teman yang berbeda
    d. Mengucilkan teman yang berbeda

  12. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan gotong royong di lingkungan masyarakat adalah…
    a. Belajar sendiri di kamar
    b. Membersihkan lingkungan bersama-sama
    c. Bermain game online
    d. Menonton televisi

  13. Penyakit anemia disebabkan oleh kekurangan…
    a. Sel darah putih
    b. Sel darah merah
    c. Vitamin C
    d. Kalsium

  14. Peredaran darah kecil memiliki urutan…
    a. Jantung – seluruh tubuh – jantung
    b. Jantung – paru-paru – jantung
    c. Jantung – ginjal – jantung
    d. Jantung – hati – jantung

  15. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan…
    a. Mengonsumsi makanan berlemak tinggi
    b. Merokok secara teratur
    c. Berolahraga secara teratur
    d. Tidur larut malam

II. Isian Singkat

  1. Pembuluh darah yang berfungsi mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh adalah pembuluh darah ____.
  2. Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah koroner yang disebabkan oleh ____.
  3. Kegiatan membersihkan lingkungan bersama-sama disebut ____.
  4. Pantun yang berisi nasihat biasanya memiliki tujuan untuk ____.
  5. Interaksi manusia dengan lingkungan dapat berupa interaksi yang ____ dan ____.
  6. Menghargai perbedaan pendapat merupakan salah satu cara menjaga ____ di lingkungan sekitar.
  7. Salah satu cara mencegah penyakit hipertensi adalah dengan mengurangi konsumsi ____.
  8. Organ tubuh yang berperan penting dalam proses peredaran darah adalah ____, ____, dan ____.
  9. Pekerjaan yang menghasilkan barang disebut pekerjaan di bidang ____.
  10. Salah satu contoh interaksi manusia dengan lingkungan yang negatif adalah ____.

III. Uraian

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem peredaran darah manusia!
  2. Sebutkan dan jelaskan 3 faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan organ peredaran darah!
  3. Berikan contoh pantun nasihat yang kamu ketahui! Jelaskan makna dari pantun tersebut!
  4. Mengapa penting untuk menjaga kebersihan lingkungan? Jelaskan!
  5. Berikan contoh interaksi manusia dengan lingkungan yang positif dan negatif! Jelaskan dampak dari masing-masing interaksi tersebut!
  6. Jelaskan mengapa penting untuk menghargai perbedaan karakteristik individu di lingkungan sekitar!
  7. Bagaimana cara mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah? Berikan contoh!
  8. Jelaskan perbedaan antara peredaran darah besar dan peredaran darah kecil!
  9. Sebutkan 3 contoh pekerjaan yang menghasilkan barang dan 3 contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa!
  10. Jelaskan manfaat gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat!

Kunci Jawaban (Pilihan Ganda):

  1. b
  2. b
  3. d
  4. c
  5. c
  6. d
  7. c
  8. b
  9. b
  10. c
  11. c
  12. b
  13. b
  14. b
  15. c

Kunci Jawaban (Isian Singkat):

  1. Arteri
  2. Lemak
  3. Gotong royong
  4. Memberikan nasihat
  5. Positif, negatif
  6. Kerukunan
  7. Garam
  8. Jantung, pembuluh darah, paru-paru
  9. Produksi
  10. Membuang sampah sembarangan

Panduan Penilaian (Uraian):

  • Soal 1: Siswa dapat menjelaskan sistem peredaran darah sebagai sistem yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh untuk menyuplai oksigen dan nutrisi, serta mengangkut karbon dioksida dan zat sisa metabolisme. (Skor: 5)
  • Soal 2: Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan minimal 3 faktor, seperti pola makan, olahraga, kebiasaan merokok, dan stres. (Skor: 6)
  • Soal 3: Siswa dapat memberikan contoh pantun nasihat yang sesuai dan menjelaskan makna yang terkandung di dalamnya. (Skor: 5)
  • Soal 4: Siswa dapat menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyebaran penyakit dan menciptakan lingkungan yang sehat. (Skor: 5)
  • Soal 5: Siswa dapat memberikan contoh interaksi positif (menanam pohon, membersihkan lingkungan) dan negatif (membuang sampah sembarangan, menebang hutan liar) serta menjelaskan dampaknya masing-masing. (Skor: 6)
  • Soal 6: Siswa dapat menjelaskan pentingnya menghargai perbedaan untuk menjaga kerukunan dan menciptakan lingkungan yang harmonis. (Skor: 5)
  • Soal 7: Siswa dapat memberikan contoh cara mencegah penyakit peredaran darah, seperti menjaga pola makan, berolahraga, menghindari rokok, dan mengelola stres. (Skor: 6)
  • Soal 8: Siswa dapat menjelaskan perbedaan peredaran darah besar (jantung-seluruh tubuh-jantung) dan peredaran darah kecil (jantung-paru-paru-jantung). (Skor: 5)
  • Soal 9: Siswa dapat memberikan contoh pekerjaan yang menghasilkan barang (petani, pengrajin, nelayan) dan jasa (guru, dokter, polisi). (Skor: 6)
  • Soal 10: Siswa dapat menjelaskan manfaat gotong royong, seperti mempererat persatuan, meringankan pekerjaan, dan menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. (Skor: 5)

Catatan: Soal-soal ini hanyalah contoh dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Guru dapat menambahkan soal-soal yang lebih kompleks atau disesuaikan dengan materi yang telah diajarkan di kelas. Penting untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa setelah UAS agar mereka dapat memahami kelemahan dan kekuatan mereka, serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran.

Semoga contoh soal ini bermanfaat bagi siswa dan guru dalam mempersiapkan dan melaksanakan UAS Tema 4 Kelas 5 Kurikulum 2013. Selamat belajar dan semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *